Senin, 03 September 2012

Warga Batangtoru Tolak Keras Penanaman Pipa Limbah Tambang Emas

Batangtorukita.blogspot.com - Ratusan warga dari tiga desa di Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, menghadang rencana penanaman pipa untuk saluran air limbah milik perusahaan tambang PT G-Resource, kemarin.
 Mereka berasal dari Desa Mabar I, II dan Desa Bongal. Ratusan warga datang dengan mengendarai sepeda motor dengan titik kumpul di lokasi penanaman pipa. Sementara petugas kepolisian dan TNI juga terlihat di lokasi penanaman pipa untuk antisipasi keamanan. Menurut beberapa warga, pemasangan pipa itu berdampak negatif terhadap kehidupan warga yang ada diseluruh desa yang dialiri Sungai Batangtoru.

Warga meminta perusahaan membatalkan rencana membuang air limbah ke Sungai Batangtoru.Menurut Lagut, salah seorang tokoh masyarakat Desa Mabar, apabila PT G-Resource tetap memaksakan melakukan pemasangan pipa maka sama saja sudah membunuh warga secara perlahan-lahan. Lagut melanjutkan,masyarakat khawatir air limbah yang dibuang ke dalam sungai tersebut mengandung racun dan bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari kehidupan yang ada di sekitar sungai.

“Sungai itu tempat kami mencari nafkah, kalau sungai itu dijadikan tempat pembuangan limbah,maka sungai itu akan tercemari, dan akhirnya kami tidak mempunyai mata pencarian lagi,”sebutnya. Selain tempat mencari nafkah, air Sungai Batangtoru itu juga digunakan masyarakat untuk keperluan mandi,masak dan mencuci.“Pokoknya,kami tidak mau mengonsumsi air yang sudah mengandung racun,” tegasnya.

Lain lagi pengakuan Pardede, warga Desa Mabang.Menurutnya, masyarakat tetap akan menolak penanaman pipa itu. Dia menilai, perusahaan tidak memikirkan keselamatan dan kelangsungan hidup masyarakat. “Dari dahulu kami selalu meminta agar limbah itu dibuang ke laut,tapi tetap saja mereka tidak mau,”tegasnya.Pardede berharap pihak perusahaan untuk mengubah niatnya membuang limbah ke sungai.

Sementara itu,Humas PT GResoruce Adi mengatakan,pemasangan pipa itu akan tetap dilakukan.Berdasarkan rencana, pemasangan mulai dilakukan pada Selasa (5/9),hari ini. Target perusahaan, kata Adi, pipa tersebut sudah terpasang hingga tiga hari ke depan. “Jadi pemasangan pipa itu dimulai pada pukul 06.00 WIB, karena targetnya tiga hari pemasangan pipa sudah rampung,” ujarnya kepada wartawan kemarin

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Medan :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost