Rabu, 05 September 2012

Seribuan Warga Batangtoru Tolak Pemasangan Pipa Pembuangan Limbah

batangtorukita.blogspot.com - Seribuan warga Tapanuli Tengah (Tapsel), Sumatera Utara, melakukan unjuk rasa ke perusahaan tambang emas G Resouce. Dalam aksinya, warga menentang rencana pembuangan limbah perusahaan itu ke sungai. Pasalnya, sungai tersebut merupakan sumber utama kehidupan warga terutama dalam hal air bersih, Selasa (4/9/2012).

Masyarakat yang berjumlah 1.000 orang itu, mulai mendatangi kawasan lokasi penanaman pipa pembuangan limbah perusahaan itu yang berada Pulo Godang, Kecamatan Batang Toru sejak pagi. Warga 11 desa dari Kecamatan Muara Batang Toru itu datang dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan.

Kedatangan mereka dimaksudkan untuk menggagalkan rencana pemasangan jaringan pipa pembuangan limbah G Resource, perusahaan penambangan emas yang beroperasi di wilayah tersebut. Pipa-pipa paralon ukuran besar itu mengarah ke Sungai Batang Toru, yang merupakan urat nadi kehidupan warga.

"Kita tidak ingin sungai ini dicemari limbah," kata Segara Pardede, warga Mabang 1, salah seorang warga yang ikut dalam demo.

Aksi yang mendapat kawalan sejumlah aparat kepolisian ini, nyaris ricuh saat warga berusaha membakar pipa-pipa tersebut. Aksi saling dorong dengan polisi tak terhindarkan. Beruntung massa akhirnya mengurungkan niatnya, dan memilih mundur setelah diperoleh kepastian tidak ada pemasangan pipa pada hari ini.

"Kemungkinan besok massa akan datang lagi ke lokasi dengan jumlah yang lebih banyak jika penanaman pipa limbah itu tetap dilakukan," kata Pardede.

Aksi penentangan terhadap perusahaan penambangan ini sudah beberapa kali dilakukan warga. Pada 12 Juni lalu, aksi demo diwarnai aksi pembakaran mobil dan pipa limban yang akan dipasang oleh perusahaan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Medan :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost